Prinsip Perancangan dan Tahap Perancangan

Prinsip Perancangan
1.      Jelaskan posisi perancangan dalam Rekayasa Perangkat Lunak !
Jawab :
-          Sebagai technical kernel dari proses pembangunan Perangkat Lunak
-          Merupakan proses kreatif dalam pembangunan Perangkat Lunak untuk memecahkan persoalan
2.      Apa fungsi proses ‘perancangan’ ?
Jawab :
-          Translasi / pengembangan spesifikasi Perangkat Lunak
-          Penjabaran bagaimana Perangkat Lunak dapat berfungsi
-          Penjabaran bagaimana spesifikasi Perangkat Lunak dapat diimplementasikan
-          Input    :  SRS
-          Output :  SDD
3.      Sebutkan dan Jelaskan elemen-elemen proses perancangan! (Juga HAPALKAN!)
Jawab :
-          Perancangan Data
Transformasi model data yang dihasilkan oleh proses analisis menjadi struktur data yang dibutuhkan pada saat implementasi
-          Perancangan Arsitektur
Definisi keterkaitan antar elemen-elemen utama yang akan membentuk program
-          Perancangan Antarmuka
Penjabaran komunikasi: interna Perangkat Lunak, antara Perangkat Lunak dengan system di luarnya, dan antara Perangkat Lunak dengan usernya
-          Perancangan Prosedur
Transformasi elemen struktural dari arsitektur program menjadi deskripsi prosedur
4.      Jelaskan prinsip-prinsip perancangan !
Jawab :
-          Mempertimbangkan beberapa alternative model solusi
-          Traceable terhadap model analisis
-          Mempertimbangkan dan menghasilkan komponen reusable
-          Meminimasi kesenjangan antara Perangkat Lunak dengan kondisi nyata
-          Memperlihatkan keseragaman dan integrasi
-          Mengakomodasi perubahan
-          Mengakomodasi kondisi-kondisi insidentil yang mungkin terjadi
-          Abstraksi lebih detil dari analisis, tetapi lebih tinggi dari coding
-          Dapat terukur kualitasnya
-          Harus di-review untuk meminimasia kesalahan semantik
5.      Konsep Perancangan: Jelaskan tentang konsep modularitas ! (Bisa Dilihat di Buku Roger S. Pressman)
Jawab :
Modularitas merupakan atribut tunggal dari perangkat lunak yang memungkinkan sebuah program untuk dikelola secara intelektual.
Konsepnya:
a. Dekomposisi modular.
b. Komposabilitas modular.
c. Kemampuan pemahaman modular.
d. Kontinuitas modular.
e. Proteksi modular.
6.      Konsep Perancangan – Arsitektur Perangkat Lunak: Jelaskan mengenai Fan-in dan Fan-out ? (Bisa Dilihat di Buku Roger S. Pressman)
Jawab :
Fan-in mengindikasikan berapa banyak modul yang secara langsung mengontrol sebuah modul yang diberikan
Fan-out adalah pengukuran jumlah modul yang dikontrol secara langsung oleh modul yang lain
7.      Konsep Perancangan – Partisi Struktur: Jelaskan apa perbedaan  vertical partitioning dan vertical horizontal !
Jawab :
Vertical Partitioning memaparkan kontrol dan work yang harus terdistribusi top-down dalam struktur program
Horizontal Partitioning menggambarkan cabang-cabang yang terbagi dari hierarki modular untuk tiap fungsi program utama
8.      Jelaskan mengenai Cohesian dan Coupling !
Jawab :
Cohesian merupakan sebuah ekstensi alami dari konsep informasi yang disimpan pada sebuah modul dan dapat menampilkan sejumlah task
Coupling adalah suatu ukuran interkoneksi antar modul-modul dalam sebuah struktur program
9.      Apa perbedaan antara Cohesian dan Coupling ?
Jawab :
Cohesian adalah keterikatan fungsi-fungsi di dalam suatu modul, sedangkan Coupling adalah ketergantungan suatu modul terhadap modul lainnya
10.  Jelaskan mengenai perancangan Heuristik !
Jawab :
Perancangan heuristik adalah suatu cara pemeriksaan usability untuk perangkat lunak komputer yang membantu mengenali masalah-masalah usability pada  rancangan antarmuka.


Tahap Perancangan
1.      Sebutkan tahap-tahap perancangan dan jelaskan secara singkat mengenai tahapan-tahapan tsb !
Jawab :
-          Perancangan Data
Memilih representasi logic dari objek data yang ditemukan pada proses analisis
-          Perancangan Arsitektural
Membangun struktur program modular dan merepresentasikan keterkaitan kendali antar modul, dan memadukan struktur program dan struktur data
-          Perancangan Antarmuka
Menjelaskan antarmuka antar modul-modul Perangkat Lunak, antarmuka antara Perangkat Lunak dengan sumber informasi selain manusia (external entities), antarmuka antara user dengan komputer
-          Perancangan Prosedural
Membentuk algoritma siap program dengan menggunakan dan mengacu pada berbagai struktur
2.      Jelaskan hasil dari masing-masing tahapan !
Jawab :
a.      Perancangan Data :
-          Struktur data siap deprogram
-          Struktur basis data siap dibuat oleh pemrogram
-          Prosedur/operasi untuk mengakses data, siap diprogram
b.      Perancangan Arsitektural
-          Struktur chart yang merepresentasikan gambaran menyeluruh struktur Perangkat Lunak, beserta seluruh hierarki kendali, yang siap dituliskan dalam bentuk modul program
c.       Perancangan Antarmuka
-          Definisi antarmuka modul yang siap untuk deprogram
-          Definisi/format rancangan layar yang siap diimplementasikan
d.      Perancangan Prosedural
-          Algoritma program
3.      Perancangan data: sebutkan petunjuk teknis yang harus dilakukan pada perancangan data.
Jawab :
-          Menerapkan prinsip-prinsip analisis sitematis
-          Mengidentifikasi semua struktur data dan prosedur yang akan digunakan untuk mengakses data tersebut
-          Me-refine isi data dictionary
-          Menunda perancangan data yang low-level sampai diakhir-akhir proses perancangan
-          Merepresentasikan struktur data sedemikian rupa sehingga hanya modul yang menggunakan data tersebut yang dapat mengaksesnya
-          Membangun pustaka untuk struktur data dan prosedur yang sering digunakan
-          Mendukung spesifikasi dan realisasi ADT
4.      Perancangan arsitektural: rincikan langkah-langkah pada aliran transformasional dan aliran transaksional !
Jawab :
Aliran Transformasional
-          Kaji ulang model sistem dasarnya
-          Kaji ulang dan perhalus DFD-nya
-          Tentukan apakah DFD memiliki jenis aliran transformasional dan atau aliran transaksional
-          Isolasi pusat transaksi dengan menentukan batas aliran incoming dan outgoing
-          Lakukan faktorisasi level satu
-          Lakukan faktorisasi level dua
-          Perhalus struktur program yang diperoleh dari iterasi tahap pertama ini dengan heuristik
Aliran Transaksional
-          Kaji ulang model sistem dasarnya
-          Kaji ulang dan perhalus DFD-nya
-          Tentukan apakah DFD memiliki jenis aliran transformasional dan atau aliran transaksional
-          Tentukan pusat transaksi dan jenis aliran di sepanjang setiap jalur aksi (action paths)
-          Petakan DFD ke dalam struktur program sesuai proses transaksinya
-          Faktorisasi dan perhalus struktur transaksi dan juga struktur di setiap halur aksi
-          Perhalus struktur program yang diperoleh dari iterasi tahap pertama ini dengan heuristik
5.      Perancangan arsitektural: apa perbedaan aliran transformasional dan aliran transaksional ?
Jawab :
Aliran Transformasional melakukan faktorisasi level satu dan level dua, dan mengisolasi pusat transaksi (incoming dan outgoing), sedangkan Aliran Transaksional hanya melakukan faktorisasi tanpa menggunakan faktorisasi level satu dan level dua dan menentukan pusat transaksi (action paths)

6.      Perancangan antarmuka: sebutkan bagian-bagian dalam perancangan antarmuka !
Jawab :
-          Antarmuka antar modul-modul Perangkat Lunak
-          Antarmuka antara Perangkat lunak dengan sumber informasi selain manusia (external entities)
-          Antarmuka antara manusia (user) dengan komputernya
7.      Perancangan antarmuka: jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan pada perancangan antarmuka !
Jawab :
-          Harus konsisten
-          Memberikan umpan balik ke pengguna
-          Meminta verifikasi untuk semua aksi destruktif penting
-          Memungkinkan aksi reversal
-          Mengurangi jumlah informasi yang harus diingat antar aksi
-          Efisiensi dialog, gerak dan pikiran pengguna
-          Mengelompokkan aktivitas berdasarkan fungsi & mengatur layar sesuai dengan pengelompokkan tersebut
-          Sediakan bantuan (help)  - Tampilkan info yang sesuai dengan konteks
8.      Perancangan prosedural: jelaskan 2 hal utama yang harus diperhatikan dalam perancangan prosedural !
Jawab :
-          Coupling   :  ukuran kekuatan saling kebergantungan antar modul-modul software
-          Cohesion   : ukuran kekuatan modul-modul perangkat lunak secara fungsional relatif terhadap modul perangkat lunak itu sendiri
9.      Perancangan prosedural: sebutkan alat bantu pada perancangan prosedural !
Jawab :
-          Flow-chart
-          Algoritma/pseudocode/program design language
10.  Buat kesimpulan mengenai tahap perancangan !
Jawab :
·         Perancangan Data
o   hasilnya : Struktur data dan basis data
·         Perancangan Arsitektural
o   Hasilnya : Struktur chart
·         Perancangan Antarmuka
o   Hasilnya : Definisi parameter passing dan format layar/menu
·         Perancangan Prosedural
o   Hasilnya : Algoritma program

Semua hasil tersebut harus dituangkan dalam SDD (Software Design Description)

0 comments "Prinsip Perancangan dan Tahap Perancangan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Rules:

1. No Spam