Prinsip
Perancangan
1.
Jelaskan
posisi perancangan dalam Rekayasa Perangkat Lunak !
Jawab :
-
Sebagai technical kernel
dari proses pembangunan Perangkat Lunak
-
Merupakan proses kreatif
dalam pembangunan Perangkat Lunak untuk memecahkan persoalan
2.
Apa
fungsi proses ‘perancangan’ ?
Jawab :
-
Translasi / pengembangan
spesifikasi Perangkat Lunak
-
Penjabaran bagaimana
Perangkat Lunak dapat berfungsi
-
Penjabaran bagaimana
spesifikasi Perangkat Lunak dapat diimplementasikan
-
Input : SRS
-
Output : SDD
3.
Sebutkan
dan Jelaskan elemen-elemen proses perancangan! (Juga HAPALKAN!)
Jawab :
-
Perancangan Data
Transformasi model data yang dihasilkan oleh proses analisis
menjadi struktur data yang dibutuhkan pada saat implementasi
-
Perancangan Arsitektur
Definisi keterkaitan antar elemen-elemen utama yang akan
membentuk program
-
Perancangan Antarmuka
Penjabaran komunikasi: interna Perangkat Lunak, antara
Perangkat Lunak dengan system di luarnya, dan antara Perangkat Lunak dengan
usernya
-
Perancangan Prosedur
Transformasi elemen struktural dari arsitektur program
menjadi deskripsi prosedur
4.
Jelaskan
prinsip-prinsip perancangan !
Jawab :
-
Mempertimbangkan
beberapa alternative model solusi
-
Traceable terhadap model
analisis
-
Mempertimbangkan dan
menghasilkan komponen reusable
-
Meminimasi kesenjangan
antara Perangkat Lunak dengan kondisi nyata
-
Memperlihatkan
keseragaman dan integrasi
-
Mengakomodasi perubahan
-
Mengakomodasi
kondisi-kondisi insidentil yang mungkin terjadi
-
Abstraksi lebih detil
dari analisis, tetapi lebih tinggi dari coding
-
Dapat terukur
kualitasnya
-
Harus di-review untuk
meminimasia kesalahan semantik
5.
Konsep Perancangan:
Jelaskan tentang konsep modularitas ! (Bisa Dilihat di Buku Roger S. Pressman)
Jawab :
Modularitas merupakan atribut
tunggal dari perangkat lunak yang memungkinkan sebuah program untuk dikelola
secara intelektual.
Konsepnya:
a. Dekomposisi modular.
b. Komposabilitas modular.
c. Kemampuan pemahaman modular.
d. Kontinuitas modular.
e. Proteksi modular.
6.
Konsep
Perancangan – Arsitektur Perangkat Lunak: Jelaskan mengenai Fan-in dan Fan-out
? (Bisa Dilihat di Buku Roger S. Pressman)
Jawab :
Fan-in mengindikasikan berapa
banyak modul yang secara langsung mengontrol sebuah modul yang diberikan
Fan-out adalah pengukuran jumlah
modul yang dikontrol secara langsung oleh modul yang lain
7.
Konsep
Perancangan – Partisi Struktur: Jelaskan apa perbedaan vertical
partitioning dan vertical horizontal
!
Jawab :
Vertical Partitioning
memaparkan kontrol dan work yang harus terdistribusi top-down dalam struktur
program
Horizontal Partitioning
menggambarkan cabang-cabang yang terbagi dari hierarki modular untuk tiap
fungsi program utama
8.
Jelaskan
mengenai Cohesian dan Coupling !
Jawab :
Cohesian merupakan
sebuah ekstensi alami dari konsep informasi yang disimpan pada sebuah modul dan
dapat menampilkan sejumlah task
Coupling adalah suatu
ukuran interkoneksi antar modul-modul dalam sebuah struktur program
9.
Apa
perbedaan antara Cohesian dan Coupling ?
Jawab :
Cohesian adalah
keterikatan fungsi-fungsi di dalam suatu modul, sedangkan Coupling adalah
ketergantungan suatu modul terhadap modul lainnya
10.
Jelaskan
mengenai perancangan Heuristik !
Jawab :
Perancangan heuristik
adalah suatu cara pemeriksaan usability untuk perangkat lunak komputer yang
membantu mengenali masalah-masalah usability pada rancangan antarmuka.
Tahap
Perancangan
1.
Sebutkan
tahap-tahap perancangan dan jelaskan secara singkat mengenai tahapan-tahapan
tsb !
Jawab :
-
Perancangan Data
Memilih representasi logic dari objek data yang ditemukan
pada proses analisis
-
Perancangan Arsitektural
Membangun struktur program modular dan merepresentasikan
keterkaitan kendali antar modul, dan memadukan struktur program dan struktur
data
-
Perancangan Antarmuka
Menjelaskan antarmuka antar modul-modul Perangkat Lunak,
antarmuka antara Perangkat Lunak dengan sumber informasi selain manusia
(external entities), antarmuka antara user dengan komputer
-
Perancangan Prosedural
Membentuk algoritma siap program dengan menggunakan dan
mengacu pada berbagai struktur
2.
Jelaskan
hasil dari masing-masing tahapan !
Jawab :
a.
Perancangan Data :
-
Struktur data siap
deprogram
-
Struktur basis data siap
dibuat oleh pemrogram
-
Prosedur/operasi untuk
mengakses data, siap diprogram
b.
Perancangan Arsitektural
-
Struktur chart yang
merepresentasikan gambaran menyeluruh struktur Perangkat Lunak, beserta seluruh
hierarki kendali, yang siap dituliskan dalam bentuk modul program
c.
Perancangan Antarmuka
-
Definisi antarmuka modul
yang siap untuk deprogram
-
Definisi/format
rancangan layar yang siap diimplementasikan
d.
Perancangan Prosedural
-
Algoritma program
3.
Perancangan
data: sebutkan petunjuk teknis yang harus dilakukan pada perancangan data.
Jawab :
-
Menerapkan
prinsip-prinsip analisis sitematis
-
Mengidentifikasi semua
struktur data dan prosedur yang akan digunakan untuk mengakses data tersebut
-
Me-refine isi data
dictionary
-
Menunda perancangan data
yang low-level sampai diakhir-akhir proses perancangan
-
Merepresentasikan
struktur data sedemikian rupa sehingga hanya modul yang menggunakan data
tersebut yang dapat mengaksesnya
-
Membangun pustaka untuk
struktur data dan prosedur yang sering digunakan
-
Mendukung spesifikasi
dan realisasi ADT
4.
Perancangan
arsitektural: rincikan langkah-langkah pada aliran transformasional dan aliran
transaksional !
Jawab :
Aliran Transformasional
-
Kaji ulang model sistem
dasarnya
-
Kaji ulang dan perhalus
DFD-nya
-
Tentukan apakah DFD
memiliki jenis aliran transformasional dan atau aliran transaksional
-
Isolasi pusat transaksi
dengan menentukan batas aliran incoming dan outgoing
-
Lakukan faktorisasi
level satu
-
Lakukan faktorisasi
level dua
-
Perhalus struktur
program yang diperoleh dari iterasi tahap pertama ini dengan heuristik
Aliran Transaksional
-
Kaji ulang model sistem
dasarnya
-
Kaji ulang dan perhalus
DFD-nya
-
Tentukan apakah DFD
memiliki jenis aliran transformasional dan atau aliran transaksional
-
Tentukan pusat transaksi
dan jenis aliran di sepanjang setiap jalur aksi (action paths)
-
Petakan DFD ke dalam
struktur program sesuai proses transaksinya
-
Faktorisasi dan perhalus
struktur transaksi dan juga struktur di setiap halur aksi
-
Perhalus struktur
program yang diperoleh dari iterasi tahap pertama ini dengan heuristik
5.
Perancangan
arsitektural: apa perbedaan aliran transformasional dan aliran transaksional ?
Jawab :
Aliran Transformasional
melakukan faktorisasi level satu dan level dua, dan mengisolasi pusat transaksi
(incoming dan outgoing), sedangkan Aliran Transaksional hanya melakukan
faktorisasi tanpa menggunakan faktorisasi level satu dan level dua dan
menentukan pusat transaksi (action paths)
6.
Perancangan
antarmuka: sebutkan bagian-bagian dalam perancangan antarmuka !
Jawab :
-
Antarmuka antar
modul-modul Perangkat Lunak
-
Antarmuka antara
Perangkat lunak dengan sumber informasi selain manusia (external entities)
-
Antarmuka antara manusia
(user) dengan komputernya
7.
Perancangan
antarmuka: jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan pada perancangan antarmuka
!
Jawab :
-
Harus konsisten
-
Memberikan umpan balik
ke pengguna
-
Meminta verifikasi untuk
semua aksi destruktif penting
-
Memungkinkan aksi
reversal
-
Mengurangi jumlah
informasi yang harus diingat antar aksi
-
Efisiensi dialog, gerak
dan pikiran pengguna
-
Mengelompokkan aktivitas
berdasarkan fungsi & mengatur layar sesuai dengan pengelompokkan tersebut
-
Sediakan bantuan (help) - Tampilkan info yang sesuai dengan konteks
8.
Perancangan
prosedural: jelaskan 2 hal utama yang harus diperhatikan dalam perancangan
prosedural !
Jawab :
-
Coupling :
ukuran kekuatan saling kebergantungan antar modul-modul software
-
Cohesion : ukuran kekuatan modul-modul perangkat lunak
secara fungsional relatif terhadap modul perangkat lunak itu sendiri
9.
Perancangan
prosedural: sebutkan alat bantu pada perancangan prosedural !
Jawab :
-
Flow-chart
-
Algoritma/pseudocode/program
design language
10.
Buat
kesimpulan mengenai tahap perancangan !
Jawab :
·
Perancangan Data
o
hasilnya : Struktur data
dan basis data
·
Perancangan Arsitektural
o
Hasilnya : Struktur
chart
·
Perancangan Antarmuka
o
Hasilnya : Definisi
parameter passing dan format layar/menu
·
Perancangan Prosedural
o
Hasilnya : Algoritma
program
Semua hasil tersebut harus dituangkan dalam SDD (Software
Design Description)
0 comments "Prinsip Perancangan dan Tahap Perancangan", Baca atau Masukkan Komentar
Post a Comment
Rules:
1. No Spam