Tugas Konsep Teknologi (Review Film Trancendence)

TRANSCENDECE
REVIEW:
Film Transcendece berkisah sepasang suami istri yang begitu terobsesi membuat software kecerdasan buatan yang mampu menyamai bahkan melebihi otak manusia. Mereka berharap komputer bisa menjadi sangat cerdas bahkan jauh lebih cerdas dibanding kemampuan seluruh manusia sekalipun. Mereka ingin memperbaiki dunia yang sudah rusak dalam semua bidang dari mulai kedokteran, alam, dan mengerjakan semua pekerjaan lebih mudah. Proyek ini merupakan proyek yang sangat ambisius, ide selanjutnya adalah memindahkan "nyawa" atau kesadaran dari mahluk hidup kemesin. Ternyata ada kelompok yang tidak suka dengan ide ini, mereka takut teknologi justru akan menguasai dan merusak kehidupan manusia.
Dr. Will Caster membuat presentasi ilmiah tentang kecerdasan buatan yang akan mengubah dunia dan akan mempercepat proses kemajuan teknologi, bahkan dia ingin menciptakan tuhan. Namun kelompok anti teknologi berusaha membunuhnya, untungnya Dr Will Caster selamat dari percobaan pembunuhan karena peluru tidak mengenai bagian vitalnya.
Sayangnya, walaupun dia cuma terserempet peluru, kondisinya justru makin parah, setelah di cek secara mendalam, ternyata pelurunya sudah dilapisi dengan polonium, Zat radio aktif yang merusak tubuh, Dr Caster hanya punya waktu 1 bulan untuk hidup.
Istrinya, Evlyin tidak siap menerima hal ini, maka dia dan sahabatnya berusaha menghubungkan otak Suaminya ke komputer, mentransfer pengetahuan, bahasa, serta suaranya dan di kombinasikan dengan kecerdasan buatan yang telah dikembangkannya. Yang sebelumnya telah berhasil memindahkan kesadaran seekor monyet ke dalam komputer. Tidak lama kemudian, Dr Will Caster meninggal, jasadnya dibakar dan abunya di buang ke sungai.
Ternyata, ketika istrinya mengecek komputer dan menganalisa AI suaminya, dia terkejut karena "kesadaran" suaminya masuk kedalam komputer, proses memindah (menitis) telah berhasil, suaminya bisa "hidup" dalam komputer. Teman kerja evelyn dan sahabat dekat will caster tidak setuju dengan hal ini, Dia berangggapan itu tidak mungkin, dan dia meminta evelyn menshutdown system yang ada, namun evelyn tidak mau. Dr Will Caster yang ada dikomputer meminta evelyn untuk menghubungkan komputer di ruang itu kejaringan internet dan pasar saham. Dan, Program Will caster menyebar keseluruh dunia seperti virus, lebih menyeramkan lagi, program itu selalu belajar.
Evlyn diminta pergi ketempat terpencil dan disana ia membangun Super komputer dibawah tanah. Dua tahun kemudian, tempat terpencil tersebut berubah menjadi pusat otak Dr Caster, evelyn membangun sistem panel surya dan memasang ribuan komputer (grid/cloud) dibawah tanah. Ternyata AI terus berkembang sampai akhirnya Dr Caster bisa mengatasi berbagai macam penyakit dengan bantuan AI, membuat Quantum Prosesor dan membuat sistem regerasi cell yang akhirnya DIA kembali utuh seperti manusia lagi.
Pihak pemerintah dan teman-teman kerjanya yang melihat bahaya dari Dr. Caster akhirnya berusaha menghancurkan Pusat super komputer yang ada, sayangnya mereka harus menggunakan teknologi manual, mengingat teknologi komputer bisa disusupi oleh "otak" dari AI.
Akhirnya Evelyn sadar bahwa yang dilakukan oleh suaminya adalah salah, dan dia menjadi relawan untuk menghentikan suaminya yang di ciptakannya dengan cara memasukan virus ke dalam dirinya dan mengunggah dirinya ke dalam dunia virtual sama seperti suaminya.

PELAJARAN:
            Kita harus mengetahui bahwa teknologi itu mempunyai efek negatif dan efek positif, jangan di lihat dari positifnya tapi harus lihat negatifnya, nyatanya meskipun bisa menciptakan komputer seperti manusia, tetap saja mesin tidak mempunyai perasaan, berbeda dengan manusia yang mempunyai kerasan.
            Kita tidak bisa menciptakan makhluk, justru kita hanya bisa merusak dan merawat karena kita manusia, kecil kekuatan kita untuk menciptakan makhluk di banding tuhan yang maha pencipta.s


0 comments "Tugas Konsep Teknologi (Review Film Trancendence)", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Rules:

1. No Spam