Descriptive Text dan Contohnya Serta Penjelasannya

Artikel ini membahas Descriptive Text merupakan kelanjutan penjelasan dari Jenis Teks (Types Of Text) dalam Bahasa Inggris, yang sebelumnya telah mengupas tuntas tentang Narrative Text dan Recount Text. Mari kita bahas lebih lanjut.

Descriptive Text, contoh Descriptive text
A. Pengertian Descriptive Text
Descriptive Text merupakan jenis teks yang biasa digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk menggambarkan tempat, benda, manusia, hewan dan lain-lain. Bisa disebut juga sebuah teks bahasa Inggris untuk menggambarkan seperti apa benda atau mahluk hidup yang kita deskripsikan, baik secara bau, suara, kenampakan, atau tekstur dari benda atau makhluk hidup tersebut.

B. Generic Structure Descriptive Text
Di dalamnya ada dua bagian yang menjadi ciri-ciri dari Descriptive Text itu sendiri. Kedua bagian tersebut adalah sebagai berikut:

1. Identification : bagian yang berisi tentang topik atau "apa" yang akan digambarkan atau dideskripsikan.

2. Description : bagian  yang berisi tentang pembahasan atau penggambaran tentang topik atau "apa" yang ada di Identification mengenai kenampakan fisik, kualitas, perilaku umum maupun sifat-sifatnya.

C. Tujuan Komunikatif Descriptive Text
Tujuan Komunikatif Descriptive Text adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri dari tempat, benda, atau mahluk tertentu secara umum, tanpa adanya peneilitan atau risaet secara mendalam dan menyuluruh.


D. Ciri Kebahasan Descriptive Text 
1.   Menggunakan Present Tense, misalnya: go, eat, fly, etc. 

2. Menggunakan berbagaimacam Adjectives (kata sifat) yang bersifat Describing (mengambarkan), Numbering (Menomerkan), dan Classifying (mengklasifikasikan), misalnya: two strong legs, sharp white fangs, etc. 

3. Menggunakan Relating Verbs untuk memberikan informasi tentang subjek, misalnya: my mum is realy cool, it has very thick fur, etc. 

4. Menggunakan Thinking Verbs (kata kerja berfikir, seperti belive, think, etc.) dan Feeling Verbs (kata kerja perasa, seperti feel)untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek, misalnya: police believe the suspect is armed, I think it is a clever animal, etc. 

5. Juga menggunakan Adverbs (kata keterangan) untuk memberikan informasi tambahan mengenai perilaku atau sifat (Adjective) yang dijelaskan, misalnya: it is extremely high, it runs definitely past, etc.

E.  Contoh Descriptive Text
Sebenarnya sangat banyak contoh dari Descriptive Text yang tersebar di internet, saya akan menyajikan beberapa contohnya sebagai berikut:

Nurul, My Classmate

Nurul is one of the 150 International students at the ELC of Brigham Young University. He is from Japan. He grew up in Japan, and he is 19 years old. There are six people in his family, a father, a mother, three sisters and himself. He is the youngest in his family. He is also the only boy in his family, but now he is in Provo, Utah, studying English. Nurul likes the United States very much and he thinks everything is cheap. Nurul thinks his English classes are excellent and the teachers are professionals. Nurul thinks someone in his class is noisy so he doesn't like that. In his free time he spends too much time sleeping, so it seems that he has a sleeping sickness.

Itulah sedikit gambaran tentang Descriptive Text, mudah-mudahan banyak manfaatnya.

0 comments "Descriptive Text dan Contohnya Serta Penjelasannya ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Rules:

1. No Spam