Explanation Text Contoh dan Penjelasannya

Sekarang paling tepat memposting Explanation Text, karena mungkin banyak yang tidak mengenal Jenis Teks yang satu ini. Tidak seperti Descriptive Text atau Report Text yang sudah menjadi santapan jika belajar bahasa inggris. Mari kita bahas habis tentang text ini.

1. Pengertian Explanation Text

Explanation Text merupakan sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lainnya.
"An explanation is a set of statements constructed to describe a set of facts which clarifies the causes, context, and consequences of those facts." kalau kata om wikipedia.

2. Tujuan Kebahasaan Explanation Text

Tujuan kebahasaan Explanation text adalah untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau kegiatan yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, budaya,, sosial, ilmu pengetahuan, dan lainnya.

3. Struktur Kebahasaan Explanation Text

Terdapat tiga bagian dalam struktur kebahasaan dan Ciri Explanation Text, yaitu:

1. A general statement
Dalam general statement berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.

2. A squenced of explanation
A squenced of explanation berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.

3. Closing
Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text adalah closing, padahal itu merupakan bagian dari squenced of explantaion yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.


4. Ciri Kebahasaan Explanation Text

Dalam sebuah explanation text, terdapat ciri-ciri kebahasaan seperti di bawah ini, yaitu:
•    Menggunakan simpel present tense
•    Menggunakan Action verbs
•    Menggunakan abstract noun (kata benda yang nampak)
•    Menggunakan Passive voice
•    Menggunakan Concrete noun

5. Contoh Explanation Text
Berikut contoh text explanation yang saya dapatkan dari berbagai sumber:
Tsunami

The term of “tsunami” comes from the Japanese which means harbour ("tsu") and wave ("nami"). A tsunamigk is a series of waves generated when water in a lake or the sea is rapidly displaced on a massive scale.

A tsunami can be generated when the sea floor abruptly deforms and vertically displaces the overlying water. Such large vertical movements of the earth's crust can occur at plate boundaries. Subduction of earthquakes are particularly effective in generating tsunamis, and occur where denser oceanic plates slip under continental plates.

As the displaced water mass moves under the influence of gravity to regain its equilibrium, it radiates across the ocean like ripples on a pond.

Tsunami always bring great damage. Most of the damage is caused by the huge mass of water behind the initial wave front, as the height of the sea keeps rising fast and floods powerfully into the coastal area.

Itulah salah satu Contoh Text Explanation Text. semoga artikel ini bermanfaat bagi.

0 comments "Explanation Text Contoh dan Penjelasannya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Rules:

1. No Spam