Report Text, Contohnya & Penjelasannya

Kali ini saya akan menjelaskan Report Text  yang merupakan kelanjutan dan penjelasan dari Jenis Teks (Types Of Text) dalam Bahasa Inggris, dan sekarang kita akan membahas lebih dalam.

A. Pengertian Report Text
Report Text adalah salah satu dari ke-13 jenis teks bahasa Inggris (Types Of Text) yang menghadirkan informasi tentang sesuatu seperti alam, hewan, tumbuhan, hasil karya manusia, dan fenomena sosial dengan apa adanya. Informasi yang dihadirkan di dalamnya adalah hasil dari observasi dan analisis secara sistematis.

Definisi jenis text ini juga hampir mirip dengan apa yang sering disebutkan dalam berbagai buku bahasa Inggris di tingkat menengah, "Report adalah sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya. Teks ini adalah sebagai hasil dari observasi dan analisa secara sistematis."

Dengan demikian, sebenarnya teks report dan descriptive mempunyai perbedaan yang cukup jelas, meski nampak keduanya dikatakan sebagai "saudara kembar" sekalipun.

Intinya, dalam report text itu biasanya berisi dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

B. Generic structure/Struktur Teks Report Text
Seperti halnya dengan descriptive text, Report text juga hanya memiliki dua struktur umum [generic structure] yaitu :

1. General Clasification
Pada bagian general clasification (klasifikasi umum) berisi pengenalan fenomena/ benda yang akan dibicarakan dengan menyertakan pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasi-nya.

2. Description
Pada bagian Description (gambaran) terdiri dari gambaran dari fenomena/ benda yang didiskusikan dari bagian ke bagiannya, kebiasaan atau tingkah laku untuk benda hidup, ataupun kegunaannya untuk benda secara detail.

C. Tujuan Komunikatif Report Text
Tujuan komunikatif dari Report Text adalah menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang di deskripsikan dapat meliputi gejala alami, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala sosial. Deskripsi sebuah Report Text dapat berupa kesimpulan umum, misalnya, ikan paus termasuk binatang mamalia karena ikan tersebut melahirkan anaknya.

D. Ciri Kebahasaan Report Text
Setiap tulisan pasti memiliki ciri bahasa tersendiri; jika recount text dan narrative text cenderung memiliki ciri menggunakan simple past, pola grammar yang umum digunakan dalam teks report, yaitu:


  • Menggunakan general nouns, seperti ‘Reptiles in Comodo Insland’, dsb.
  • Menggunakan relating verbs untuk menjelaskan ciri, misalnya reptiles are scaly animals (ciri ini berlaku untuk semua reptilia), dsb. 
  • Menggunakan action verbs dalam mejelaskan perilaku, misalnya lizards cannot fly, dsb. 
  • Menggunakan present tense untuk menyatakan suatu yang umum, misalnya Komodo dragons usually weight more than 160 kg, dsb.
  • Mengguanakan istilah teknis/ ilmiah, misalnya water contains oxygen and hydrogen, dsb.

E. Perbedaan antara Descriptive Text dan Report Text
 
Descriptive Text
Report Text
·        Identification (identifikasi tentang apakah orang, benda, atau tempat tertentu saja)
·        Description (Deskripsi/gambaran atau bagian-bagian yang menjelaskan identifikasi tersebut)
·        General Classification (klasifikasi atau penggolongan tentang apakah orang, benda, atau tempat tersebut masih bersifat umum?)
·        Description (Deskripsi/gambaran atau bagian-bagian yang menjelaskan klasifikasi tersebut)

F. Contoh  Report Text

Venice 
Venice is a city in northern Italy. It is the capital of region Veneto. Together with Padua, the city is included in the Padua-Venice Metropolitan Area. Venice has been known as the “Queen of the Adriatic”, “City of Water”, “City of Bridges”, and “The City of Light”. The city stretches across 117 small islands in the marshy Venetian Lagoon along the Adriatic Sea in northeast Italy.

Venice is world-famous for its canals. It is built on an archipelago of 117 islands formed by about 150 canals in a shallow lagoon. The islands on which the city is built are connected by about 400 bridges. In the old center, the canals serve the function of roads, and every form of transport is on water or on foot.

You can ride gondola there. It is the classical Venetian boat which nowadays is mostly used for tourists, or for weddings, funerals, or other ceremonies. Now, most Venetians travel by motorised waterbuses (“vaporetti”) which ply regular routes along the major canals and between the city’s islands. The city also has many private boats. The only gondolas still in common use by Venetians are the traghetti, foot passenger ferries crossing the Grand Canal at certain points without bridges.

You can see the amusing city’s landmarks such as Piazza San Marco, Palazzo Contarini del Bovolo, Saint Mark’s Cathedral or villas of the Veneto. The villas of the Veneto, rural residences for nobles during the Republic, are one of the most interesting aspects of Venetian countryside.

They are surrounded by elegant gardens, suitable for fashionable parties of high society. The city is also well known for its beautiful and romantic view, especially at night. 

Sekian penjelasan dari saya mengenai Report Text, mudah-mudahan banyak manfaat yang di dapat.

3comments :

  1. wah makasih gan udah share, bermanfaat nih tentang bahasa inggris
    blogwalking ya

    ReplyDelete
  2. wao bahasa inggris, sambil latihan dikit lah
    Di back ya .!

    ReplyDelete

Rules:

1. No Spam