Paragraf Arumentasi Pengertian serta Contohnya

Artikel ini merupakan penjelasan mengenai Paragraf Argumentasi dari artikel Macam-Macam Paragraf dan Contohnya. Oleh karena itu mari kita kupas tuntas mengenai paragraf jenis ini.

1. Pengertian Paragraf Argumentasi

Argumentasi adalah suatu paragraf atau bagian dari karangan yang mempunyai satu pikiran pokok, dan diikuti alasan yang kuat untuk menyakinkan pembaca.
Pengertian memang sangat banyak, salah satunya menurut om wiki merupakan salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca. Dalam penulisan argumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif dimana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat.

2. Tujuan Paragraf Argumentasi
Tujuan dari paragraf argumentasi adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti dengan di sertai dengan bukti dan data yang ada.

3. Contoh Paragraf Argumentasi
Contoh 1:
Selokan ini sangat kotor. Sampah berserakan di mana-mana. Nyamuk sering membuat sarang dan bertelur di sini karena airnya menggenang. Oleh sebab itu kita harus membersihkan selokan ini supaya air lancar mengalir. Dengan demikian nyamuk tidak akan membuat sarang dan bertelur di tempat ini.
 Contoh 2:
Kerusakan alam adalah salah satu masalah paling besar yang dihadapi oleh umat manusia pada era zaman ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi berita tentang berbagai macam bencana, seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan. Bencana alam tersebut memakan korban nyawa dan harta. Tumbuhan dan hewan tidak berdosa pun menjadi korban. Peristiwa ini merupakan akibat pola hidup sebagian besar manusia modern yang tidak ramah lingkungan.

0 comments "Paragraf Arumentasi Pengertian serta Contohnya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Rules:

1. No Spam